
Aki Motor Mati Saat Kondisi Darurat, Ini Yang Harus Dilakukan
Sepeda motor yang dalam kondisi prima adalah salah satu faktor dalam mendukung kenyamanan berkendara. Jika motor mengalami kendala tentunya akan menyebabkan kerugian, apalagi jika masalah pada sepeda motor terjadi dalam kondisi darurat, seperti saat melakukan touring, perjalanan jauh atau saat berkendara di malam hari.
Salah satu yang sering dialami oleh pengendara ketika mendapati sepeda motor mereka kendala adalah aki motor yang mati yang ditandai dengan sistem kelistrikan yang tidak menyala normal seperti tidak bisa menyalakan mesin dengan elektrik starter.
Lantas, jika pengendara sepeda motor mendapati kondisi tersebut? Berikut langkah yang harus dilakukan.
1. Langkah pertama adalah, posisikan sepeda motor di tempat yang aman dan tidak berada di bahu atau badan jalan. Kemudian periksa apa yang menjadi kendala. Jika kelistrikan masih dalam kondisi normal, seperti lampu utama dan indikator pada panel meter masih menyala dan mesin sepeda motor tidak bisa dinyalakan ada kemungkinan ada faktor penyebab kerusakan lain, seperti motor kehabisan bensin atau ada masalah pada pengabut bahan bakar/sistem injeksi.
2. Tapi jika kelistrikan tidak dalam kondisi normal ditandai dengan lampu yang tidak menyala/redup dan tidak bisa distarter elektrik, maka ada kemungkinan aki atau baterai mengalami masalah. Pastikan kabel aki terpasang dengan benar dan tidak ada karat atau kotoran di terminal. Membersihkan terminal dengan sikat kawat atau amplas dapat membantu.
Adapun, masalah aki bisa meliputi kondisi tegangan aki yang kurang, soak tapi tak sedikit pula jika kondisi aki yang sudah rusak dan harus melakukan pergantian dengan aki baru. Tapi ada juga yang hanya berupa masalah sederhana seperti kabel yang terlepas.
3. Jika dipastikan kendala ada pada aki sepeda motor, ada beberapa solusi yang bisa dipertimbangkan. diantaranya.
- Pertama dengan melakukan penggantian aki baru, cukup lepas aki yang dalam kondisi rusak, kemudian pasangkan aki baru dan pastikan aki pada posisi yang benar kabel terpasang dengan baik.
- Kedua bisa dengan charger, Jika aki kering, coba isi ulang dengan charger aki. Hubungkan klem positif charger ke terminal positif aki dan klem negatif ke terminal negatif.
- Jumper: Jika aki basah, coba mengisi dengan bantuan kendaraan lain menggunakan jumper (bisa juga dengan kabel jumper), pastikan klem positif dan negatif terhubung dengan benar.
Jika aki tetap tidak mengisi setelah dicoba dengan charger atau jumper, kemungkinan ada masalah dengan sistem pengisian sepeda motor, seperti alternator atau regulator tegangan. Solusi yang terbaik adalah dengan segera mengunjungi bengkel AHASS untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.
4. Hubungi call center Honda CARE
PT. Daya Adicipta Motora selaku Main Dealer motor Honda untuk area Jawa Barat memiliki fasilitas layanan Customer Assistance Road Emergency (Honda CARE) yang siap membantu konsumen sepeda motor Honda yang memiliki kendala pada sepeda motor Honda, misal itu mogok, masalah pada aki, ban kempes, atau kendala lainnya.
Konsumen bisa menghubungi nomor kontak Honda Care di nomor telepon 1 500 989 atau (022) 605 1000. Pelayanan Honda CARE beroperasi mulai mulai dari Pukul 08:00 WIB sampai 16:00 WIB. Layanan ini juga didukung oleh mekanik yang handal dan berpengalaman. Layanan ini melayani radius wilayah hingga 3-4 km dari posisi AHASS terdekat yang memiliki armada Honda CARE.
Aki atau baterai merupakan bagian penting pada sepeda motor. Komponen ini berfungsi sebagai sumber energi yang digunakan untuk menghidupkan system starter, lampu dan system kelistrikan yang lainnya.
Karena pentingnya Aki untuk sepeda motor, maka harus mendapat pemeriksaan dan perawatan secara rutin. Seperti mengukur tegangan pada baterai, pemeriksaan kualitas baterai untuk mengetahui performa secara menyeluruh dari baterai tersebut agar kinerja kelistrikan pada sepeda motor bekerja dengan baik.