Perlengkapan Safety Riding Untuk Berkendara Jauh

Inilah Perlengkapan Safety Riding yang Wajib Dibawa Ketika Berkendara Motor Jarak Jauh

Mengendarai motor memang fun, mau itu sebatas jalan-jalan di kota, liburan weekend, pulang kampung ataupun touring. Tetapi, motor berbeda dengan mobil yang memiliki lapisan luar untuk melindungi pengendara dari cuaca terik dan air hujan serta dari benturan. Sehingga mau tak mau, para pengendara motor harus membekali diri dengan berbagai perlengkapan eksternal yang sesuai dengan standar Safety Riding.

Safety Riding merupakan program edukasi keselamatan dan keamanan dalam berkendara yang dicanangkan oleh Honda. Materi yang diajarkan meliputi dasar berkendara seperti potensi bahaya dan cara menghadapi potensi bahaya di jalan saat mengendarai sepeda motor. Dalam Safety Riding, perlengkapan berkendara dianggap sebagai aspek penting dalam berkendara untuk melindungi dari cuaca dan mencegah cedera apabila terjadi kecelakaan di jalan.

Alangkah baiknya sebelum memulai perjalanan kamu sudah mempersiapkan perlengkapannya secara matang demi kenyamanan dan keamanan perjalanan kamu, apalagi jika berencana untuk berkendara jarak jauh. Nah, apa saja sih perlengkapan Safety Riding yang penting dipersiapkan sebelum berkendara jarak jauh? Yuk simak daftar barang-barang berikut ini!

1. Helm Berstandar SNI
Helm diperuntukkan sebagai pelindung keselamatan diri selama di perjalanan dari hal-hal yang tidak terduga, seperti terpeleset, tergelincir atau jatuh. Dengan helm, kepala kamudapat terhindar dari benturan pada aspal ataupun benda tumpul yang ada di jalanan. Sangat disarankan untuk menggunakan helm berstandar nasional karena produknya telah memiliki build quality yang lebih tahan terhadap benturan. Tanpa helm, kamu juga bisa ditilang oleh polisi karena hal tersebut termasuk ke dalam pelanggaran lalu lintas.

2. Jaket dan Pelindung
Jaket yang tebal, terutama bagi yang akan menempuh perjalanan jarak jauh, sangat dianjurkan untuk dikenakan untuk menangkal terpaan angin ke tubuh secara langsung, dan melindungi perubahan cuaca dan suhu udara di perjalanan. Lengkapi juga dengan pelindung siku untuk melindungi tangan dari cedera ketika terjadi kecelakaan.

3. Celana Panjang dan Sepatu
Kamu harus melindungi bagian kaki dengan mengenakan celana dan sepatu yang dapat menunjang keamanan perjalanan kamu. Sangat disarankan untuk mengenakan celana dan sepatu berbahan dasar tebal dan kuat untuk melindungi kaki dari cedera atau luka parah. Dianjurkan juga kamu menggunakan sepatu setinggi mata kaki agar dapat melindungi tulang dan sendi di area mata kaki.

4. Sarung Tangan
Selain kepala, tubuh dan kaki, kamu juga perlu memperhatikan bagian tangan kamu. Dengan mengenakan sarung tangan, kamu dapat terlindungi dari terik matahari, terpaan angin, serta dari cedera tangan dan luka.

5. Masker
Terutama bagi kamu yang sensitif terhadap debu di jalanan, masker dapat menjadi solusi utama ketika berkendara. Bagi kamu yang tidak sensitif juga tidak ada salahnya, karena masker pun dapat melindungi kamu dari menghirup asap kendaraan dan polusi yang berlebihan di jalan raya. 

6. Kacamata
Terakhir, kacamata dapat digunakan untuk melindungi pengendara dari debu yang dapat masuk ke mata serta memberikan penglihatan yang lebih jelas terutama bagi pengendara yang memiliki rabun mata.
Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kamu yang akan berkendara jarak jauh. Apabila kamu ingin melengkapi kebutuhan apparel berkendara, langsung check dan pesan produknya melalui fitur katalog “Apparel” di aplikasi Daya Auto. Yuk download aplikasinya sekarang!
© 2021 Daya Auto - All Rights Reserved.