Dua Posisi Berkendara di PCX 160

Mengenal Dua Posisi Berkendara di Honda PCX 160

Skutik besar seperti Honda PCX 160 semakin diminati konsumen karena bodinya besar dan punya posisi duduk yang nyaman. Tempat duduknya yang lebar mampu menopang bokong secara sempurna. Dengan konturnya yang bertingkat juga memberikan kenyamanan bagi penumpang. Posisi kaki pengendara dibuat semakin luas dengan menambah area bagian depan dan ke samping menjadi lebih lebar 30 mm dari generasi sebelumnya. Pengendara motor setidaknya bisa punya dua postur yaitu duduk dengan kaki sedikit tertekuk atau disebut ride on position, dan menjulurkan kaki dengan sebutan leasure position. 

Sebenarnya postur berkendara dapat berpengaruh pada tingkat kelelahan saat berkendara. Dalam berkendara, fokus dan kenyamanan menjadi aspek yang sangat penting. Pengendara harus mampu mengidentifikasi kondisi jalan yang dilewati, tetapi juga harus rileks agar menghilangkan ketegangan sehingga mengurangi letih yang terlalu cepat ketika berkendara. Kita cari tahu yukk penjelasan kedua postur duduk dari motor PCX 160 ini.

1. Ride on Position 

Pada posisi ini, tubuh bagian atas pengendara akan lebih santai. Hal ini dikarenakan posisi punggung yang tegak sehingga dapat menurunkan stress pada bagian bahu, punggung dan leher. Pada Honda PCX, posisi stang kemudi yang sedikit lebih tinggi dari posisi pinggul. Membuat menurunnya ketegangan pada otot tangan bagian depan, memberikan handling yang maksimal. Selain itu, posisi lutut yang relatif rata dengan pinggul dapat mengurangi stres atau ketegangan pada paha, ditunjang dengan desain jok yang mampu menyangga dengan baik. 

2. Leasure Position 

Leasure position merupakan posisi dimana kaki dapat berpindah ke bagian depan ketika sedang berkendara. Posisi ini dapat digunakan untuk menurunkan ketegangan pada kaki bagian bawah atau betis saat melakukan perjalanan jarak jauh. Saat dirasa ketegangan pada kaki bagian bawah sudah membaik atau berkurang, kita bisa kembali pada posisi ride on position.

Wah jadi banyak tahu yaa ternyata itu lohh anjuran postur berkendara di skutik besar PCX160. Tetap #CariAman saat berkendara di jalan raya ya!

Sumber :

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/15/143100415/mengenal-2-posisi-duduk-di-pcx-160-kaki-bisa-selonjoran

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/15/110200415/uji-kenyamanan-posisi-berkendara-honda-pcx-160https://otospeed.id/dua-posisi-riding-yang-nyaman-saat-naik-honda-pcx-160/

© 2021 Daya Auto - All Rights Reserved.