Musim Hujan Harus Rajin Cek Komponen Ini!

Tidak terasa, sebagian daerah di Indonesia mulai sering turun hujan. Ini tandanya BroSis harus lebih memperhatikan kondisi motor kesayangannya!

Tidak hanya bagian luar motor, area mesin dan sekitarnya juga perlu untuk dicek dan dirawat secara rutin saat musim hujan. Sebab, situasi jalanan serta air dan kotoran di musim hujan beresiko mengganggu performa beberapa komponen pada mesin motor. Jika motor tidak dicek dan dirawat secara rutin, bisa-bisa motor mogok atau susah dinyalakan.

Nah, komponen motor apa saja yang harus rajin dicek saat musim hujan?

1.       Busi

Busi adalah salah satu bagian penting pada sepeda motor yang memastikan nyalanya mesin motor. Untuk itu, lakukan pengecekan dan penggantian busi secara berkala. Sangat disarankan juga untuk cek dan membersihkan tutup busi secara rutin. 

2.       Saringan Udara

Saringan udara atau filter berperan untuk menyaring debu dan kotoran agar tidak memasuki mesin. Jika filter basah, pembakaran pada mesin akan terganggu sehingga performa motor menjadi berat dan kurang bertenaga. Maka, pastikan filter motor agar selalu kering dan bersih. Hindari jalanan banjir atau genangan air tinggi yang berpotensi membasahi filter. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan dan penggantian filter secara berkala.

3.       Knalpot

Air dan lumpur cenderung lebih mudah masuk ke dalam knalpot saat musim hujan. Jika dibiarkan, knalpot bisa berubah menjadi kusam dan karatan yang dapat mempengaruhi performa motor. Sebaiknya cek dan bersihkan bagian dalam knalpot secara rutin agar sistem pembuangan motor tetap terjaga dan motor dapat berfungsi dengan baik.

4.       Penerangan dan Kelistrikan

Sistem penerangan yang baik penting untuk ketertiban dan keselamatan bersama, apalagi di musim hujan.  Tanpa penerangan yang cukup, pandangan berkendara yang terbatas akibat hujan lebat dan kabut bisa membahayakan pengendara. Untuk itu, perhatikan kebersihan mika lampu dari kotoran dan debu agar pancaran sinar lebih maksimal sebelum memulai perjalanan.

Jangan lupa cek kondisi aki dan kabel-kabelnya. Pastikan aki terisi penuh dan tidak ada kabel yang terkelupas agar penerangan pada motor selalu siap digunakan untuk menghadapi jalanan saat hujan.

5.       Tutup Oli

Pastikan tutup oli motor terpasang dengan baik dan tidak terdapat kebocoran. Perhatikan juga kondisi karet (seal O ring) pada tutup oli dan sebaiknya segera diganti jika sudah menipis.

6.       Ban

Cek kondisi ban pada motor, apakah masih aman atau sudah mulai gundul? Jika sudah gundul, sebaiknya diganti dengan ban baru agar daya cengkram ban di jalan basah lebih baik. Apabila medan yang dilalui lebih ekstrim, pilihlah ban dengan kembangan khusus untuk memecah air.

Hal di atas dilakukan sebagai langkah pencegahan dan pengaman awal dari kondisi di jalan yang tidak menentu. Maka, BroSis harus tetap ekstra waspada saat berkendara di musim penghujan ini demi keselamatan bersama. Selamat mempraktikkan dan hati-hati di jalan!

© 2021 Daya Auto - All Rights Reserved.