Cara Merawat Motor Yang Jarang Dipakai Karena PSBB

Cara Merawat Motor Yang Jarang Dipakai Karena PSBB

BroSis, biarpun saat ini masyarakat sudah mulai banyak yang melakukan aktivitas dan tetap dengan protokol kesehatan di fase #NewNormal ini tetapi masih banyak juga orang-orang yang melakukan kegiatannya dari rumah.

Banyak juga pengguna motor yang telah mendiamkan motornya lebih dari sebulan. Nah kali ini Teh Daya mau kasih tau beberapa tips untuk kalian yang motornya jarang dipakai.

1. Panaskan Motor
Sekurang-kurangnya brosis perlu untuk memanaskan motor satu kali seminggu. Memanaskan motor masih dibutuhkan agar stasioner dan oli dapat bersirkulasi. Untuk motor yang sudah memiliki teknologi injeksi cukup dengan memanaskan sekitar 30 detik sampai dengan 1 menit. Namun untuk yang masih menggunakan teknologi karbu, perlu sekitar 15 menit untuk pemanasan yang optimal.

2. Aki
Apabila brosis memiliki rencana untuk tetap tidak menggunakan motornya sama sekali, atau sedang berdinas di luar kota dalam waktu yang sangat lama, maka ada baiknya untuk melakukan pencopotan aki. jika motor tidak digunakan dalam waktu lama karena pada saat kendaraan mati dan tidak digunakan dalam waktu lama, aki tidak mempunyai asupan listrik yang bisa menyebabkan soak.

3. Kebersihan Motor
Tentang kebersihan motor, ada baiknya brosis mencuci motor secara rutin biarpun tidak terpakai. Biasanya akan tetap ada debu yang menempel di motor atau kotoran dari air hujan apabila motor disimpan di tempat yang tidak memiliki atap. Ada baiknya setelah mencuci motor, motor dapat disimpan menggunakan sarung motor untuk menghindari debu-debu dan paparan sinar matahari langsung dalam waktu yang lama

4. Service
Nah! Biarpun #dirumahaja tapi kita harus tetap memperhatikan jadwal service kita nih, jangan sampai lewat dari tanggal ataupun kilometer yang tertera pada KPB kita. Selain untuk menjaga kondisi motor pada kondisi prima, sayang kan nanti free service nya hangus? hihi

Gimana brosis? kira-kira tips apa lagi nih yang bisa membantu menjaga perawatan motor kamu?