Kang Angga Beta – HBRC (Honda Beat Riders Club) Bandung

Kang Angga Beta – HBRC (Honda Beat Riders Club) Bandung

Perkenalkan Kang Angga, Ketua Umum dari HBRC (Honda Beat Riders Club) Bandung periode 2019-2021. Kang Angga sendiri adalah seseorang yang ternyata jatuh cinta pada pandangan pertama pada Honda Beat. Sejak tahun 2009, Kang Angga sudah memiliki Honda Beat Gen 1 dan sekarang memiliki Honda Beat generasi baru. Jadi, bisa dibilang nih kalau Honda Beat memang sudah jadi cinta padangan pertama Kang Angga sejak dulu.

Kang Angga berucap bahwa dia juga sempat tertarik pada motor Honda tipe lain, namun saat test drive, hati Kang Angga lebih cocok dengan Honda Beat karena bodynya yang ramping.

Sejak honda beat pertama miliknya, Kang Angga mulai mencari tahu tentang komunitas-komunitas Honda Beat yang ada di Bandung. Singkat cerita, Kang Angga bergabung bersama dengan HBRC pada dengan nomor regis #067 di angkatan pelantikan ke-4. Saat ini, HBRC Sendiri sudah memiliki 11 angkatan dan memiliki lebih dari 150 member ter-registrasi yang aktif.

Berawal dari kumpul-kumpul sesama pemilik Honda Beat di tahun 2009 hingga akhirnya pada 24 April 2009 para pemilik Honda Beat memutuskan untuk membentuk HBRC di Bober Cafe. Sepertinya cafe ini adalah cafe wajib kebanyakan komunitas motor Honda di Bandung. Pada akhirnya, HBRC mendeklarasikan diri sebagai salah satu club motor pada tanggal 25 April 2009 saat ada event Jambore. Para inisiatornya sendiri adalah Kang Oksa, Kang Ogel, Teh Nci dan Kang Acil.

HBRC memiliki sekre di daerah Soreang. HBRC sering kopdar di daerah Dago. Seperti yang disampaikan sebelumnya, HBRC sendiri sekarang memiliki 154 anggota ter-registrasi. HBRC memiliki struktur yang padat yaitu Kang Angga sebagai Ketua Umum, Kang Angga (Kang Gocap) sebagai Wakil Ketua Umum, Kang Egoy sebagai Humas, Kang Mase sebagai bendaraha, Ibu Ami Utami dan Teh Siti sebagai Sekretaris dan Kang Oboy sebagai Tatib.

HBRC memiliki anggota prospek yang diperkirakan kurang lebih sampai 30an orang. Prospek ini akan melalui seleksi alam. Maksudnya adalah pasti ada saja orang yang ternyata tidak cocok dengan komunitasnya. Kang Angga menjelaskan, bahwa menjadi anggota komunitas itu tidak hanya sekadar mendaftarkan diri lalu langsung menjadi anggota.

Dalam menjadi anggota komunitas yang aktif, maka diperlukan juga rasa nyaman antara seseorang terhadap komunitasnya, apakah cocok atau tidak, apakah bermanfaat atau tidak. Menurut Kang Angga sendiri, ia banyak sekali belajar dari HBRC. Mulai belajar berorganisasi, belajar cara untuk menyelesaikan masalah, mendapatkan teman baru dan keluarga baru. Menurutnya, HBRC sudah menjadi lebih dari sekadar club motor. Kang Angga juga menyampaikan bahwa ia merasa sangat bersyukur dapat menjadi bagian dari HBRC.

Jadi untuk Brosis yang ingin bergabung bersama HBRC, bisa langsung datang ke tempat mereka biasa Kopdar atau bisa datang ke sekre HBRC. Syarat wajibnya adalah harus memiliki SIM! Kang Angga menyampaikan bahwa syarat mutlaknya harus memiliki SIM. Kang Angga juga menambahkan bahwa tidak harus berasal dari Bandung, bisa saja anggota atau member berasal dari luar Bandung asalkan dapat tetap aktif di HBRC.

Selama masa PSBB di wilayah Jawa Barat, tentunya HBRC menghentikan sementara beberapa kegiatan mereka seperti Kopdar rutin sampai acara Anniversary yang ke 11 pun juga harus di tunda terlebih dahulu. Tetapi, Kang Angga melakukan Kopdar online dengan para teman teman HBRC untuk melepas rindu.

Pada tanggal 11-12 Juli mendatang, Kang Angga menuturkan ada rencana untuk touring ke daerah Pangandaran, namun tentunya semuanya harus mengikuti protokol pencegahan covid.

Kang Angga memiliki harapan untuk HBRC dan membernya untuk lebih kompak dan solid lagi kedepannya. Berbeda pendapat dalam sebuah organisasi itu hal wajar, justru itulah yang membuat sebuah organisasi menjadi lebih dewasa lagi. Terbukti dari 11 Tahun HBRC berdiri hingga saat ini.

Teruntuk riders diluar sana, Kang Angga juga mempunyai pesan agar respect sesama pengguna jalan, jangan sembrono dan bersikap “rusuh” di jalan karena ingat, dirumah masih ada yang menanti Anda pulang.

Terakhir, Tim Daya Auto mengucapkan banyak terima kasih kepada Kang Angga dan HBRC atas kesempatan dan ceritanya yang menginspirasi kita semua.

Untuk Brosis, kalian bisa cek informasi terkait komunitas melalui fitur komunitas yang ada di aplikasi Daya Auto! Download sekarang ya!