Tidak Hanya Oli, Komponen Ini Juga Harus Diganti Secara Rutin!

Oli mesin merupakan komponen penting dalam kendaraan bermotor, namun bukan satu-satunya bagian yang harus diganti secara rutin. BroSis perlu tahu, ada beberapa komponen lain yang juga wajib diganti jika sudah melewati batas waktu atau kondisi tertentu. Keterlambatan dan kurangnya perhatian untuk mengganti komponen-komponen tersebut akan menimbulkan banyak kerusakan fatal, lho.

Perawatan motor membutuhkan ketekunan dan ketelitian, khususnya komponen yang menjadi perhatian utama. Dengan mengganti komponen-komponen tersebut, sudah pasti performa motor BroSis akan selalu prima setiap saat. Mengganti komponen secara berkala mendukung kesehatan motor secara keseluruhan, karena baik langsung maupun tidak langsung, setiap komponen motor berhubungan satu dan lainnya.

Setidaknya ada delapan spare part yang harus diperhatikan perawatannya. Apa saja, ya? Yuk simak rangkuman penjelasan dari delapan komponen motor yang harus diganti secara rutin!

Oli Mesin

Oli mesin berperan penting untuk melapisi bagian dalam mesin agar tahan terhadap gesekan mesin dan mendukung akselerasi yang baik. Seiring waktu pemakaian, kualitas oli dapat menurun dan jalannya motor menjadi kurang halus dan tidak nyaman. Maka, idealnya oli diganti setiap memasuki jarak tempuh yang ditentukan, atau tergantung dari pemakaian kendaraan masing-masing.

Busi

Komponen berukuran mini ini bisa mempengaruhi kinerja mesin motor jika ada kerusakan yang timbul dari kotoran yang menempel. Busi juga wajib diganti berkala dan ada baiknya ketika busi sudah kotor segera diganti, bukan sekedar dibersihkan. Idealnya, busi diganti saat motor telah menempuh jarak 20 hingga 50 ribu km.

Aki

Aki alias baterai berfungsi sebagai sumber utama kelistrikan motor. Perawatan aki basah relatif lebih mudah, karena BroSis bisa melakukannya dengan rutin memeriksa kondisi air aki. Apabila menggunakan aki kering, idealnya diganti setelah menggunakan motor sehari-hari dalam batas waktu 1,5 – 2 tahun.

Lampu

Seperti lampu pada umumnya, lampu kendaraan juga memiliki batas pemakaian. Segera lakukan pengecekan dan diganti bila perlu saat rampu dirasa sudah mulai redup atau tiba-tiba mati. Lampu perlu dijaga kondisinya karena berperan penting dalam menjamin keselamatan berkendara. Lampu yang perlu diperhatikan meliputi lampu utama, sein dan rem.

Kampas Rem

Salah satu bagian vital dari sepeda motor adalah rem. Sangat disarankan untuk mengganti kampas rem yang sudah terlihat tipis dan aus. Idealnya kampas rem terlihat demikian dan perlu diganti setelah menempuh jarak 20 ribu km, namun hal ini bergantung juga dengan cara penggunaan motor.

Kampas Kopling

Khususnya bagi pengguna motor sport, kampas kopling perlu diganti secara berkala. Jangan menunggu sampai kampasnya terlampau aus, bisa-bisa motor BroSis tidak dapat berfungsi maksimal lagi saat digunakan.

Saringan udara

Saringan udara atau filter merupakan salah satu komponen yang usia pakainya cukup rendah, namun tergantung juga dari jenis filter dan penggunaan motor. Apabila filter terlampau kotor, berdebu dan jarang diganti, motor bisa menghasilkan suara bising yang disebabkan terhambatnya akses udara masuk ke mesin.

Ban

Terakhir, komponen motor yang harus rutin diganti adalah ban, apalagi jika motor sering digunakan di jalan yang kondisinya kurang baik. Pada umumnya ban perlu diganti setiap setahun sekali, tetapi bisa juga bergantung dari penggunaan dan kondisi ban itu sendiri.Komponen yang disebutkan tidaklah sedikit, tetapi perawatan yang baik dan rutin akan menjamin performa kendaraan dan memperpanjang usia motor. Agar BroSis tidak merasa khawatir atau ribet, untuk urusan perawatan, BroSis bisa serahkan ke tenaga ahli servis. Kalau untuk urusan pemesanannya, BroSis bisa booking servis atau order spare parts melalui aplikasi Daya Auto. Enggak ada lagi alasan untuk malas merawat kendaraan kesayangan, deh!

© 2021 Daya Auto - All Rights Reserved.