Tips Aman Membawa Barang di Motor

Pada umumnya, setiap kendaraan memiliki kapasitas barang bawaan tersendiri yang dapat mempengaruhi keselamatan berkendara. Sayangnya, kesadaran akan hal ini masih terbilang minim di kalangan masyarakat pemilik sepeda motor di Indonesia. Tidak heran, fenomena pengendara yang membawa barang melebihi kapasitasnya sering terlihat di jalanan.

Padahal memaksakan motor untuk membawa barang melebihi kapasitasnya tidak hanya akan merusak kendaraan, tetapi juga membahayakan diri dan orang lain. Untuk menghindari hal tersebut, lebih baik lakukan tiga hal ini agar lebih aman berkendara membawa barang di sepeda motor dan tetap memenuhi kebutuhan pribadi. Ada apa saja?

Pertama, pastikan dimensi barang bawaan tidak melebihi lebar stang, melebihi tinggi pengemudi, atau menutupi lampu belakang. Hal ini dilakukan untuk menghindari pergerakan yang terbatas akibat barang yang terlalu memakan ruang gerak pengemudi, juga agar pengendara lain tetap dapat melihat lampu belakang. Jika tidak, pengemudi akan mengalami kesulitan manuver dan berisiko kehilangan kendali, atau bahkan tertabrak oleh pengendara lain yang dapat mencelakai diri dan pengguna jalan lainnya.

Kedua, pastikan berat barang masih dalam batas wajar. Hindari membawa barang yang berat bersama penumpang karena dapat membuat motor menjadi overload. Hal ini dapat merusak komponen suspensi motor jika dilakukan secara terus menerus. Jika perlu membawa barang yang berat dalam jumlah banyak, disarankan agar tidak memaksakan membawa semuanya dalam satu kali perjalanan. Lebih baik diatur untuk dibawa dalam beberapa kali perjalanan agar berkendara lebih nyaman dan tenang.

Ketiga, pastikan barang bawaan diikat dengan kuat agar tidak mudah jatuh atau bergeser. Ikatlah barang bawaan menggunakan tali yang kokoh dan tidak mudah goyah seperti tali rafia. Kemudian posisikan barang bawaan sesuai dengan kapasitas motornya. Biasanya barang dapat diikatkan pada belakang jok motor, namun jika menggunakan motor matic, barang dapat ditaruh di bawah jok atau di dek agar lebih mudah untuk dikontrol pengendara.

Sekian tips aman berkendara ketika membawa barang di sepeda motor. Semoga bermanfaat untuk mengingatkan kamu agar selalu mengutamakan keselamatan bersama setiap memulai perjalanan. Selamat berkendara!

© 2022 Daya Auto - All Rights Reserved.