Ban Honda PCX 150 Naik Satu Tingkat Lebih Mantap
Daya Auto – Modifikasi skutik lagi ramai, salah satu bagian dari motor matic yang banyak dimodifikasi pada ban.
Si karet bundar ukuran standar yang melekat di pelek motor diganti dengan ukuran yang lebih besar.
Harapannya tentu tampilan ban motor matic terlihat lebih besar.
Ban ukuran lebih besar dengan tapaknya yang lebar akan berpengaruh ke tapak ban ke aspal lebih banyak. Handling motor bisa lebih stabil.
Namun juga perlu diingat, penggantian ban yang terlalu besar hingga 3 sampai 4 tingkat dari ukuran standar juga membawa pengaruh ke performa motor.
Ban yang besar bobot lebih berat, beban motor akan bertambah.
Belum lagi di tapak ban yang makin lebar. Bidang gesek ban dengan aspal lebih banyak. Pengaruhnya hambatan motor matic bertambah.
Demikian juga ketika pakai ban yang terlalu besar dan lebar dipakai manuver juga akan lebih susah. Tidak lincah.
Buat para pemilik Honda PCX 150 yang ingin ganti ban standar motor, jangan sembarangan. Pengantiannya harus dalam batas ukuran amannya.
“Penggantian ban masih direkomendasikan naik atau turun 1 ukuran dari standarnya,” kata Jimmy Handoyo selaku Technical Service & Development Department Head PT Suryaraya Rubberindo Industries, Produsen ban FDR.
Ban standar PCX 150 ukuran 100/80-14 (ban depan) dan 120/70-14 (ban belakang). Ukuran kenaikkan ban yang masih dalam batas rekomendasi di 110/80-14 (ban depan) dan 130/70-14(ban belakang).
Simak juga selengkapnya seputar cara menggunakan keyless Honda PCX 150 dan maksimal barang yang dapat dibawa di bagasi PCX 150.