Inilah Cara Jitu Agar Motor Tetap Mengkilap!

Seiring waktu dan penggunaan, body motor lama bisa berubah menjadi kusam dan kotor. Walau demikian, dengan pola perawatan yang baik dan sesuai, cat body motor bisa tetap tampil prima setiap saat digunakan berkendara di jalanan. Nah, kira-kira apa saja kiat-kiat perawatan yang bisa kamu dilakukan? Simak penjelasan berikut ini, ya!

Rutin mencuci motor

Pemakaian motor sehari-hari mengharuskan pemilik kendaraan untuk menjadikan kegiatan mencuci motor sebagai rutinitasnya. Hal ini dikarenakan kotoran dan debu akan menempel di body motor mengingat banyaknya polusi di jalanan. Jika dibiarkan menumpuk, body motor lama kelamaan akan menjadi kusam. Maka, jika ingin motor tetap tampil prima dan warnanya terjaga, pastikan kamu rutin mencucinya. Tidak perlu setiap hari, cukup 3 hari sekali sampai 1 kali seminggu.

Kamu juga perlu lebih waspada ketika sudah memasuki musim hujan. Mencuci motor sangat disarankan setelah motor dipakai berkendara saat hujan. Air hujan yang memiliki kandungan garam dan asam lebih tinggi dari air keran biasa bisa menimbulkan korosi dan berpotensi untuk membuat cat motor mengelupas.

Parkir motor di tempat teduh

Terkesan sepele, tetapi memarkirkan motor di tempat terbuka yang panas dan terpapar sinar matahari langsung tidak baik untuk motor. Terlebih jika parkir ditujukan untuk waktu yang lama, panasnya matahari dapat membuat warna cat kendaraan cepat menguning atau pudar. Sangat disarankan untuk mencari tempat yang aman dan teduh ketika akan memarkirkan motor, seperti di bawah pohon atau di basement bangunan.

Gunakan cairan pencuci dan pengkilap khusus

Pastikan jenis cairan pembersih dan pengkilap yang dipakai selalu disesuaikan dengan kebutuhan motor anda, seperti cairan khusus cat doff atau glossy. Penggunaan cairan yang tepat akan menjaga warna cat motor agar tetap segar dan tahan lama. Penggunaan bahan kimia berbahaya untuk body motor seperti deterjen biasa atau pasta gigi untuk memoles baret pada body justru dapat merusak cat motor.

Perhatikan cara mengelap dan mengeringkan motor

Metode mengelap dan mengeringkan motor juga penting untuk diperhatikan. Setelah motor dicuci, keringkan body motor hingga tidak ada busa dan bulir air yang tersisa dan motor pun tidak perlu dijemur. Jika dibiarkan mengering, bulir air atau busa sulit dibersihkan bahkan bisa menjadi bekas permanen. Gunakan kain lap berserat halus ketika mengelap dan mengeringkan.

Hindari langsung mengelap debu dan kotoran jika motor dalam keadaan kering. Basahkan permukaan motor dengan air terlebih dahulu agar debu dan kotoran yang kasar bisa luruh dan permukaan aman dari goresan partikel kasar ketika dilap yang dapat membuat body motor jadi tidak mengkilap lagi.

Ekstra tips!

Untuk kamu yang super sibuk, kamu bisa coba memanfaatkan jasa cuci motor plus-plus sebagai alternatif perawatan body motor yang hasilnya jauh lebih baik dibandingkan dengan mencuci sendiri. Dalam layanan ini, kamu bisa mendapatkan jasa pencucian motor yang lebih rumit dan menyeluruh. Tidak hanya dicuci bersih, tetapi motor juga dimanjakan dengan polishing dan detailing yang menyeluruh. Waktu pengerjaan layanan cuci plus-plus disesuaikan dengan jenis motornya, jadi jangan lupa untuk melakukan survey terlebih dahulu.

Selamat mempraktikkan!

© 2021 Daya Auto - All Rights Reserved.