Kapan sih harus servis motor?

Sebagai pemilik kendaraan motor, tentunya kamu harus memperhatikan perawatan kendaraan dan kesiapan biaya untuk melakukan servis berkala. Layaknya berinvestasi, semakin rutin kendaraan diservis, maka performa kendaraan akan semakin terjaga serta memperpanjang umur kendaraan agar tetap nyaman dan aman digunakan. Akan lebih baik lagi jika motor kamu diservis sebelum terlihat tanda-tanda kerusakannya.

Penting untuk mengetahui kapan motor Honda kamu harus diservis. Dengan perkembangan teknologi mesin, kini pemilik motor dianjurkan untuk melakukan servis dengan menggunakan kilometer yang sudah ditempuh sebagai acuannya. Acuan tersebut direkomendasikan sesuai dengan jenis motor sebagai berikut:

  • motor matik dan bebek, per 4.000km,
  • motor sport, per 6.000km,
  • motor big bike, per 12.000km.

Saat motor diservis, teknisi akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan membutuhkan waktu proses yang cukup panjang. Pada dasarnya, servis berkala dapat meliputi: pemeriksaan mesin dan kampas rem, penggantian oli mesin, aki, dan/atau spare parts lainnya; pembersihan mesin, dan penyetelan bagian-bagian motor, seperti karburator, suspensi depan-belakang, dan tensi rantai roda. Biaya yang dikeluarkan pun dapat bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan jenis motornya.

Selain itu, ketepatan waktu untuk melakukan servis juga penting untuk diperhatikan. Setiap pembelian motor Honda, kamu mendapatkan garansi motor dengan jenis dan jangka waktu yang sudah ditetapkan. Kamu juga berhak mendapatkan servis gratis sebanyak 4 kali dan penggantian oli sebanyak 1 kali. Untuk mengklaim garansi dan servis gratis tersebut, kamu tidak boleh melewati batas waktu atau kilometer yang sudah ditentukan, dengan catatan melakukan servis di AHASS. Terakhir, melakukan servis berkala secara rutin dan tepat waktu dapat menjaga kondisi motor dan menghindari kemunculan masalah pada motor selama perjalanan.Namun tidak sedikit pemilik motor yang masih mengacuhkan ketepatan jadwal servis dengan berbagai alasan, salah satunya adalah keterbatasan waktu untuk melakukan servis dikarenakan proses servis dan antrian yang cukup memakan waktu. Tapi jangan khawatir, aplikasi Daya Auto hadir untuk membantu kamu mencari informasi mengenai semua kebutuhan sepeda motor Honda kamu serta melakukan booking servis tanpa antri secara online. Nah, tunggu apa lagi? Download aplikasinya sekarang dan nikmati kemudahan layanannya agar kamu tidak kelewat lagi untuk melakukan servis berkala secara rutin!

© 2021 Daya Auto - All Rights Reserved.