Kena Air Hujan? Motor Wajib Dibilas!

Memasuki musim hujan, hampir setiap hari siang dan malam turun hujan di berbagai kota di Indonesia. Mau tidak mau, BroSis harus menerabas hujan dan becek demi mencapai destinasi yang dituju. Alhasil, motor kesayangan jadi terkena air hujan yang penuh dengan kotoran dan debu.

Ya, wajar kalau BroSis merasa malas untuk mencuci motor sendiri atau mengeluarkan uang lebih dan membawa motor ke tempat cuci motor setelah menerjang hujan. Begitu juga kalau merasa sia-sia karena keesokan harinya motor akan dipakai kembali dan bisa terkena hujan lagi. Tapi nyatanya, air hujan yang tidak segera dibersihkan akan berpotensi merusak motor secara perlahan. Apa saja kemungkinan kerusakan yang akan terjadi?

1.      Mesin Mudah Overheat

Air hujan sewaktu-waktu bisa masuk ke dalam mesin dan radiator. Kotoran dan debu dari air hujan dapat mengendap di dalamnya jika tidak segera dibersihkan dan dikeringkan. Kalau lagi apes, endapan kotoran tersebut akan menghambat kerja mesin dan bahkan menimbulkan panas berlebih atau overheat, lho!

2.      Merusak Suspensi

Kotoran seperti lumpur dan debu, juga asam yang terkandung dalam air hujan dapat merusak suspensi motor. Kotoran yang dibiarkan mengering akan menimbulkan kerak dan karat sehingga suspensi mengeluarkan suara decitan. Alhasil, kinerja suspensi menurun dan mengganggu kenyamanan berkendara.

3.      Rantai dan Sparepart Lainnya Mudah Berkarat

Senyawa asam dalam air hujan bisa menimbulkan karat pada permukaan rantai, velg, standard, dan spare part berbahan logam lainnya. Jika motor tidak segera dicuci setelah terkena air hujan, komponen tersebut akan mudah berkarat. Selain mengurangi keindahan tampilan motor, karat juga akan mengganggu kinerja komponen motor tersebut.

4.      Body dan Kaki-kaki Motor Cepat Kusam

Kotoran dan debu yang ada pada air hujan akan membuat body motor kusam serta menimbulkan kerak pada bagian kaki-kaki motor. Belum lagi kalau sudah terbentuk water spot atau bercak air yang sulit untuk dibersihkan, BroSis jadi harus lebih ekstra saat mencuci karena harus memakai cairan pembersih khusus. Tanpa penanganan yang baik, body motor baru pun bisa cepat terlihat kusam.

Setelah tahu alasannya, sekarang BroSis jadi lebih semangat untuk mencuci motor setelah hujan, kan? Lebih baik rajin mencuci motor di musim penghujan ini daripada menyesal di kemudian hari karena harus mengeluarkan dana besar ketika motor tiba-tiba rusak akibat air hujan yang tidak segera dibilas menggunakan air mengalir. Dengan merawat motor kesayangan, BroSis bisa memperpanjang umur dan performa motor secara keseluruhan. Semoga bermanfaat!

© 2022 Daya Auto - All Rights Reserved.