Lakukan Ini Saat Motor Bergetar!

Timbulnya getaran berlebih di area CVT merupakan penyakit yang sering dijumpai pada motor skuter matik (skutik). Secara umum, masalah ini terjadi di awal saat memutar tuas gas atau saat rpm mesin rendah. Hal ini tentu akan membuat perjalanan BroSis jadi tidak nyaman, karena getaran berlebih bisa membuat motor terasa melompat-lompat. Apabila tidak segera diperiksa, lama-kelamaan getaran ini juga bisa menurunkan performa motor kesayangan secara drastis. 

BroSis tidak perlu khawatir karena ada cara mudah untuk mengatasi permasalahan ini. Tetapi sebelum melakukan kiat-kiatnya, sebaiknya BroSis memahami apa yang menyebabkan timbulnya getaran berlebih pada motor terlebih dahulu.

Penyebab Motor Bergetar

Masalah getaran motor biasanya dapat dirasakan dari bagian CVT, atau Continuously Variable Transmission. CVT merupakan alat penggerak otomatis pada motor matik sehingga pengendara tidak perlu memindahkan gigi atau persneling. Dalam ruang CVT terdapat komponen pendukung, mulai dari v-belt, per CVT, roller, rumah kopling, weight set, dan masih banyak lagi. Getaran berlebih yang dirasakan dapat dicurigai karena ada kotoran yang terdeposit dalam mesin dan mangkok CVT-nya. Adanya kotoran membuat komponen tersebut terkikis saat digerakkan, inilah yang menimbulkan getaran.

Apa yang Harus Dilakukan?

Untuk menghindari masalah CVT bergetar, BroSis disarankan untuk rutin mengecek komponen CVT setiap 6000 kilometer. Apabila komponen pada CVT motor matik yang telah berusia sudah mengalami kerusakan, maka perlu segera diganti. Jika komponen CVT masih normal, mekanik hanya akan membersihkan komponen dan filter CVT dengan angin bertekanan tinggi saat melakukan pengecekan.

Caranya mudah, bukan? Pastikan agar BroSis selalu mengecek kondisi motor demi kenyamanan dan keselamatan perjalanan. Jangan lupa untuk rutin bawa motor kesayangan untuk diservis dan lakukan booking jadwal servis melalui aplikasi Daya Auto yang bisa diunduh dari AppStore atau Google Play Store.

© 2022 Daya Auto - All Rights Reserved.