Langkah Mudah Memilih dan Merawat Helm

Langkah Mudah Memilih dan Merawat Helm

Posted on 24 June 2021 under Artikel, News.

Sebagai pengendara motor, helm adalah kebutuhan pokok yang menjadi salah satu faktor penentu keamanan dan kenyamanan berkendara. Untuk itu, BroSis tidak bisa sembarangan ketika memilih helm serta harus berupaya untuk merawatnya agar memiliki umur yang panjang. Kesannya rumit, tapi sebenarnya ada langkah mudah untuk memilih dan merawat helm yang bisa diikuti. Simak penjelasan berikut ini, ya!

Memilih

Harga dan Tingkat Kekuatan

Kini terdapat beragam jenis dan varian harga helm yang beredar di pasaran. Harga dapat menentukan kualitas dan kekuatan helm yang berbeda dari produksi lokal berstandar nasional maupun produksi luar dengan label sertifikasi seperti DOL ataupun SNELL yang diakui secara internasional. Helm standar produksi lokal berkisar di angka Rp. 200.000 hingga jutaan rupiah. Sedangkan helm produksi luar berkisar di angka 1 juta hingga belasan juta.

Ukuran

Setelah menghitung budget, sebaiknya BroSis mencoba terlebih dahulu agar dapat memilih helm dengan ukuran yang pas. Ukuran helm disesuaikan dengan lingkar kepala masing-masing, lalu cek di bagian pipi untuk mengetahui posisi helm dengan memperhatikan helm yang menjepit bagian pipi agar kepala tidak menahan beban berlebih. Kemudian BroSis bisa mencoba dengan menyelipkan jari telunjuk di bagian kening, jangan sampai terlalu sempit demi keamanan dan kenyamanan.  

Merawat

Penggunaan sehari-hari

Perawatan helm bisa dilakukan dengan mudah dalam penggunaan sehari-hari. BroSis hanya perlu memperhatikan agar helm terhindar dari kelembaban yang berlebih. Jangan gunakan helm ketika rambut masih basah, serta segera mengeringkan helm ketika terkena air hujan. Tujuannya agar helm terhindar dari jamur dan bakteri yang terbentuk di dalam busa yang lembap yang dapat menyebabkan bau tak sedap. Setelah menggunakan helm, sebaiknya helm dibiarkan di ruang terbuka beberapa menit agar hawa panas di dalamnya keluar. Setelah itu, BroSis bisa menyimpan helmnya di tempat yang aman, bersih, dan kering.

Mencuci

Helm setidaknya dicuci secara berkala yang disesuaikan dengan penggunaan masing-masing pemilik. Perhatikan juga apabila busa dalam helm sering terkena keringat atau tidak, serta frekuensi helm digunakan dalam satu sampai dua minggu. BroSis bisa cuci sendiri jika punya peralatan yang sesuai, atau dicuci di salon helm agar lebih praktis dan higienis.

Selain mudah dan singkat, tips yang sudah dipaparkan bisa langsung BroSis dipraktikkan. Jangan lupa untuk memesan helm resmi Honda bisa melalui aplikasi Daya Auto yang pasti kualitas produknya terjamin! Cukup pilih menu “Apparel” dan cari helm yang kamu mau. Mudah-mudahan perjalanan BroSis selalu aman dan nyaman dengan memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan berkendara. Selamat mencoba!

© 2021 Daya Auto - All Rights Reserved.