Mesin Motor Matik Mendadak Berisik, Curigai Bagian-bagian Ini
Lagi seru-serunya naik motor matik, tiba-tiba kok terdengar suara berisik dari bagian mesin motor kamu. Suara tersebut, selain mengganggu, jika terus dibiarkan berpotensi menjadi penyebab kecelakaan, loh.
Sebab bisa jadi suara berisik tersebut berasal dari sparepart yang mulai aus. Karena itu harus benar-benar dicek sumber permasalahannya. Berikut beberapa bagian yang bisa kamu curigai sebagai sumber bunyi berisik tersebut.
- CVT motor kotor
Penyebab pertama mungkin berasal dari Continuously Variable Transmission (CVT) motor yang kotor. Kotoran tersebut biasanya berasal dari debu atau lumpur yang menempel dan bisa juga karena kampas ganda pada motor mulai bermasalah. Cek dengan seksama komponen motor tersebut ya. Jika tidak sempat, sebaiknya kamu ke bengkel saja. - Karet penahan kampas ganda mulai mengeras
Mungkin bagian ini pun menjadi masalah, yaitu rubber clutch damper atau karet penahan kampas ganda yang mulai mengeras. Apabila spare part ini mulai mengeras, kampas ganda motor kamu menjadi goyang karena tidak ada bagian yang menyangganya.
Kampas ganda yang goyang mengakibatkan terjadinya benturan atau gesekan dengan mangkuk tempat kopling berada. - Grease atau gemuk pada pulley mulai bocor
Kamu juga harus memperhatikan grease atau gemuk pada pulley. Bisa jadi bagian motor ini bocor, sudah mengeras atau sudah menipis loh. Hal ini juga mengakibatkan kampas ganda akan mudah bergoyang dan menimbulkan bunyi yang berisik. - Roller dan fan belt harus diperbaiki
Kemungkinan yang terakhir, bisa jadi terjadi kerusakan pada roller weight atau roller CVT. Tak hanya itu, kamu juga harus perhatikan kondisi fan belt yang mungkin juga sudah harus diganti. - Kalau kamu gak mau repot, silakan bawa bengkel
Solusi termudah adalah dengan membawa motor kamu ke bengkel resmi terdekat. Mau service motor kamu di bengkel resmi yang #BikinGampang ? Download saja aplikasi Daya Auto di Play Store atau AppStore, service motor honda kesayangan kamu gak pakai ribet karena tanpa antre dan bawa buku service.
Namun, jika kamu ingin memperbaikinya sendiri juga bisa loh. Pertama-tama kamu harus cek mangkok rumah kopling dan membersihkannya.
Setelah itu, kamu juga harus membersihkan kotoran yang ada di fan belt serta di rollernya. Langkah selanjutnya adalah kamu harus memeriksa keras tidaknya per pengikat kampas kopling ganda dan membersihkan kotoran yang terdapat di fan belt serta di rollernya.
Solusi termudah adalah dengan membawa motor kamu ke bengkel resmi terdekat. Mau service motor kamu di bengkel resmi yang #BikinGampang ? Download saja aplikasi Daya Auto di Play Store atau AppStore, service motor honda kesayangan kamu gak pakai ribet karena tanpa antri dan bawa buku service.