
Mitos Atau Fakta: Mematikan Mesin Motor Dengan Menurunkan Standar Samping Bikin Aki Soak?
Kebanyakan sepeda motor yang digunakan di Indonesia saat ini yaitu skuter matik (skutik). Selain itu, ada satu fitur side stand switch pada skutik yang berfungsi sebagai peranti keselamatan motor. Dengan fitur side stand switch, mesin motor akan mati apabila standar samping diturunkan dan mesin tidak bisa dinyalakan.
Namun, ada juga pengguna skutik yang menggunakan fitur ini untuk mematikan mesin, bukan melalui kontak off di kunci. Lantas, apakah mematikan mesin motor dengan cara menurunkan standar samping bisa membuat aki soak?
Betul. Ini adalah fakta bahwa mematikan motor dengan standar samping akan membuat aki soak, terutama pada motor matik, karena sistem kelistrikan tetap aktif meskipun mesin mati, sehingga menguras daya aki.
Namun, jika mematikan mesin menggunakan standar samping kemudian kunci kontak langsung di-off, tidak akan membuat aki soak. Jika sudah menurunkan standar samping tetapi kunci kontak masih on kemudian ditinggal, itulah yang menyebabkan aki jadi cepat soak.
Penyebab dari aki soak ini yaitu lampu-lampu yang ada di motor masih menyala jika posisi kunci masih di-on. Ini, sebetulnya, sama halnya kalau kita matikan mesin menggunakan switch cut off yang ada di setang motor sport. Kalau kunci kontaknya enggak di-off, pasti baterai soak.
Perlu diingat, fitur side stand switch hanya mematikan mesin, tetapi tidak memutus arus listriknya. Sehingga ketika lampu masih menyala walaupun mesinnya mati, aki bisa jadi lebih cepat soak.
Ini penjelasan lebih rinci dari fungsi standar samping dan penyebab aki soak:
Fungsi Standar Samping:
Standar samping berfungsi untuk memutus aliran listrik ke mesin, bukan mematikan sistem kelistrikan secara total.
Kelistrikan Tetap Aktif:
Pada motor matik, sistem kelistrikan (seperti lampu, sistem pengapian, dll.) tetap aktif meskipun mesin mati saat standar samping digunakan.
Aki Soak:
Karena sistem kelistrikan terus menyedot daya, aki akan cepat soak atau tekor jika sering mematikan motor dengan standar samping.
Penyebab Lain Aki Soak:
Selain standar samping, aki juga bisa soak karena masalah sistem kelistrikan lain, seperti kabel yang longgar, korsleting, atau aki yang sudah tua.
Solusi:
Hindari mematikan motor dengan standar samping terlalu sering, terutama jika motor matik. Jika perlu, matikan dengan tombol engine kill switch atau kunci kontak.
Lakukan perawatan motor di bengkel yang terpercaya dan jadwalkan pemeriksaan serta perawatan secara rutin di bengkel AHASS agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor, termasuk ban, tetap bekerja secara optimal.
Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk fleksibilitas waktu dalam melakukan servis. Perawatan yang tepat akan meningkatkan umur dan performa kendaraan Anda.