Sederhana Tapi Sering Lupa, Berikut adalah Tips Berkendara Agar Motor Irit Bensin!

Motor sudah menjadi pilihan moda transportasi yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Motor memiliki kelebihan utama, yakni dapat menerobos kemacetan dan melewati berbagai medan yang kendaraan lain tidak bisa lalui. Selain itu, motor juga memiliki harga yang relatif terjangkau dibandingkan kendaraan lainnya, mulai dari biaya yang perlu dikeluarkan untuk perawatan hingga biaya penggunaan sehari-hari.

Pengeluaran untuk bahan bakar motor tentu menjadi biaya terbesar yang harus dikeluarkan para pengendara motor dalam kesehariannya. Rumusnya, semakin banyak penggunaannya, semakin besar konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan motor. Tapi tahukah BroSis kalau ada beberapa cara yang bisa membuat konsumsi bensin motor lebih irit ketika digunakan? Kalau belum, simak tips-tips sederhana berikut untuk mengirit bensin motor berikut yang dijamin bikin dompet tetap tebal!

1.       Berkendara dengan Baik

Gaya berkendara BroSis bisa mempengaruhi besarnya konsumsi BBM, loh! Hindari mengerem secara mendadak atau tergesa-gesa saat berkendara. Usahakan kalian mempertahankan laju kecepatan yang konstan dan stabil agar konsumsi bensin lebih irit. Selain itu, dalam keadaan yang memungkinkan disarankan juga untuk memilih lajur jalan yang mulus karena motor membutuhkan bensin yang lebih banyak ketika melalui jalanan yang terlampau rusak.

2.       Menjaga Tekanan Ban

Tips ini merupakan salah satu hal yang cukup efektif untuk menghemat bensin. Saat tekanan angin pada ban kurang, laju kendaraan jadi lambat dan berat, dan membutuhkan bensin yang ekstra. Maka perhatikan selalu tekanan ban agar sesuai dengan anjuran pabrikan. Selain hemat bensin, tekanan ban yang terjaga dapat memperbaiki handling saat berkendara.

3.       Mengurangi Beban Berlebih

Tips ini ditujukan untuk BroSis yang masih menaruh barang-barang yang tidak perlu di dalam bagasi motor yang menambah beban berlebih pada motor, karena semakin ringan beban motor semakin sedikit pula bensin yang dibutuhkan motor ketika digunakan. Catat, ya!

4.       Disarankan Menggunakan Bensin dengan Kadar Oktan Lebih Tinggi

Mungkin hal ini masih menjadi perdebatan dan bergantung pada preferensi masing-masing. Bensin dengan kadar oktan yang lebih tinggi memberikan berbagai keuntungan, mulai dari lebih irit dari segi konsumsi bahan bakar, mesin lebih bersih tanpa adanya kerak yang tertinggal di dinding mesin. Akan tetapi bahan bakar dengan kadar oktan tinggi juga memiliki resiko seperti mesin jadi lebih panas. Namun hal tampaknya tidak menjadi masalah karena sepeda motor di jaman sekarang sudah dilengkapi sistem pendingin mesin yang baik.

5.       Servis Motor Secara Berkala

Motor bisa berjalan dengan baik ketika mesinnya dirawat juga agar sistem pembakaran dan penggunaan bahan bakar menjadi optimal. Hal ini akan mempengaruhi performa mesin dan meningkatkan efisiensi mesin dalam mengkonsumsi bahan bakar ketika digunakan. Maka pastikan agar motor kesayangan BroSis diservis secara berkala. Penting pula untuk memperhatikan keadaan busi dan kualitas oli yang digunakan agar gesekan mesin tetap halus dan suhu mesin terjaga, serta membuat konsumsi bensin lebih efisien.

Sekian tips sederhana yang bisa disampaikan agar BroSis bisa menghemat konsumsi bensin motor kesayangannya. Pastikan juga selalu memperhatikan keamanan dan keselamatan diri saat BroSis berkendara di manapun kalian berada. Selamat mempraktikkan tipsnya!

© 2021 Daya Auto - All Rights Reserved.