Tips Mencegah Terjadinya Aquaplaning

Tips Mencegah Terjadinya Aquaplaning

Posted on 28 December 2021 under Artikel, News.

Mengendarai sepeda motor pada saat hujan ataupun kondisi jalan basah membutuhkan perlakuan yang berbeda ketika kondisi jalan kering. Salah satu faktor yang membedakan, yakni jalan basah akan membuat berkurangnya daya cengkeram ban pada aspal. Hal ini membuat pengendara kendaraan roda dua harus ekstra hati-hati dalam berkendara. Apalagi jika ada genangan air di jalan yang akan dilewati. Jika sembarangan dalam melintasinya, bukan tidak mungkin akan ada bahaya aquaplaning atau hydroplaning. 

Aquaplaning/hydroplaning adalah kondisi dimana ban kendaraan tidak dapat membelah air yang tergenang di jalan, sehingga ban tidak menyentuh bagian jalan tetapi ban justru berjalan di atas permukaan air. Dalam kata lain, Aquaplaning suatu keadaan ketika daya cengkram ban tidak mendapatkan traksi karena adanya genangan air.

Aquaplaning akan semakin terasa ketika permukaan ban besar, yaitu kendaraan yang menggunakan ban tipe radial. Tapi para produsen ban menyikapi dengan memproduksi telapak ban untuk musim hujan. Telapak ban atau threat pada ban bertujuan untuk memecah air yang berpotensi membuat motor atau mobil mengalami hydroplaning atau aquaplaning. 

Untuk mencegah terjadinya aquaplaning, sebaiknya kamu mengurangi kecepatan kendaraan saat berkendara di jalanan yang tergenang air. Hal ini bertujuan agar ban bisa mendapatkan waktu untuk membelah air sehingga ban tidak kehilangan daya cengkramannya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain: 

1. Perlambat laju kendaraan saat melintasi genangan air. 

Hal tersebut demi mengurangi terjadinya slip pada ban dan tentu saja demi keselamatan pengendara. Jarak pandang yang pendek juga menjadi alasan kenapa harus memperlambat laju kendaraan. 

2. Hindari melewati genangan air. 

Sebisa mungkin hindari jalanan yang tergenang air. Karena jika melewati genangan air, biasanya akan mempengaruhi traksi dari ban kendaraan. 

3. Perhatikan kondisi ban. 

Perhatikan semua kondisi ban termasuk tekanan angin dan juga alur ban. Akibat dari ban motor yang sudah aus, maka kekuatannya untuk memecah genangan air pun tidak akan maksimal. Risiko terjadinya aquaplaning juga akan jauh lebih besar.

Sumber :

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/28/181200615/pengedara-sepeda-motor-juga-berisiko-terkena-aquaplaning

https://oto.detik.com/tips-and-tricks-motor/d-4313170/tips-bagi-pemotor-hindari-efek-aquaplaning

https://oto.detik.com/tips-and-tricks-motor/d-4313102/bawa-motor-saat-hujan-waspada-efek-aquaplaning

© 2022 Daya Auto - All Rights Reserved.