Tips Simpel Agar Umur Motor Matic-mu Awet!

Motor matic merupakan jenis motor yang banyak dijumpai di kalangan masyarakat Indonesia. Si kendaraan yang mudah dioperasikan ini menjadi pilihan yang nyaman untuk digunakan di medan jalanan perkotaan yang padat. Namun karena karakteristiknya yang mudah dioperasikan, motor matic ternyata memerlukan perawatan khusus agar kondisinya tetap awet dan prima.

Tapi tidak perlu khawatir, cara merawat motor matic tidak serumit yang dibayangkan, kok! Asal dirawat dengan baik dan rutin, motor matic kesayangan sudah pasti akan tetap awet dan berumur panjang. BroSis sudah familiar dengan cara-caranya? Kalau belum, kalian bisa simak penjelasan berikut ini!

Selalu panaskan mesin motor sebelum digunakan

Biasakan untuk memanaskan mesin motor sebelum digunakan agar oli dalam motor siap untuk melumasi mesin, sehingga performa motor lebih optimal di jalan. Lakukan hal ini selama 3-5 menit sesuai dengan penggunaannya. Sebaiknya, gunakan kick starter untuk mengirit daya baterai motor.

Mengendarai dengan kecepatan stabil

Kondisikan agar motor dipacu dengan kecepatan yang stabil demi menjaga umur mesin. Hindari menarik gas untuk akselerasi atau menarik rem untuk menurunkan kecepatan secara mendadak. Jika dibiasakan, hal ini bisa berisiko merusak mesin hingga vanbelt motor, lho!

Ganti oli secara berkala

Sebaiknya rutin cek oli mesin ketika motor akan digunakan dan jadwalkan penggantian oli setelah melalui jarak tempuh yang sudah ditetapkan atau setiap 2-3 bulan sekali. Biasanya, penggantian oli motor matic dilakukan setiap mencapai 1.000 km, dan untuk oli transmisi motor atau oli gardan diganti maksimal ketika mencapai 5.000 km. Mengganti oli secara berkala dapat menjaga kebersihan mesin motor, membuat motor tetap nyaman saat digunakan.

Jangan sampai kehabisan bensin di jalan

Biasakan untuk mengisi penuh tangki BBM setiap akan melakukan perjalanan, terlebih bagi motor matic dengan sistem injeksi. Begitu juga jangan menunda mengisi hingga kehabisan bensin di jalan. Kebiasaan buruk ini dapat membuat mesin aus dan akhirnya merusak mesin.

Gunakan BBM dengan oktan yang sesuai

Jangan dianggap sepele, menggunakan BBM yang oktannya sesuai dengan spesifikasi motor bisa berpengaruh untuk menjaga mesin motor jadi lebih awet dan konsumsi BBM jadi lebih irit. Oktan BBM yang sesuai akan membuat proses pembakaran BBM jadi lebih sempurna, sehingga kinerja mesin jadi lebih efisien. BroSis bisa cek Tingkat oktan yang dianjurkan di buku petunjuk pada halaman spesifikasi motor, ya!  

Rutin servis di bengkel

Perawatan pada servis berkala biasanya meliputi penggantian oli, membersihkan karburator dan setting motor. Tidak terbatas pada ketiga hal tersebut, sebagai pengendara juga harus selalu kritis dengan keadaan motornya masing-masing. BroSis disarankan untuk menanyakan kondisi komponen lain seperti kelayakan aki, vanbelt, ataupun roller.

Idealnya servis motor dilakukan setiap 3 bulan sekali untuk menjaga performa motor matic. Agar tidak lupa untuk melakukan servis motor di bengkel resmi pada waktunya, BroSis bisa melakukan booking servis melalui aplikasi Daya Auto yang bisa diunduh dari AppStore ataupun Google Play Store. Jadwal booking servis bisa dilakukan sampai 90 hari kedepan lho! Jadi sebaiknya BroSis booking dulu aja dari sekarang.

Begitulah beberapa tips simpel untuk merawat motor matic kesayangan agar tetap awet dan prima. Selamat mempraktikkan!

© 2021 Daya Auto - All Rights Reserved.