
V-Belt Honda BeAT Kamu Udah Aus? Ini 6 Tanda Bahayanya!(0625)
Kalau kamu memiliki Honda BeAT, kamu harus tahu apa saja tanda-tanda V-Belt (tali kipas) yang perlu segera diganti.
V-Belt adalah salah satu bagian penting pada Honda BeAT. Seperti perangkat penting lainnya, V-Belt juga bisa mengalami masa kedaluwarsa dan bisa putus jika sudah rusak. Oleh karena itu, V-Belt perlu diganti agar tetap berfungsi dengan baik.
Komponen V-Belt (tali kipas) pada Honda BeAT berperan dalam sistem transmisi CVT. Seiring waktu dan pemakaian, V-Belt bisa aus, sehingga penting untuk menggantinya demi menjaga performa Honda BeAT dan mencegah kerusakan lebih lanjut.
Lantas, apa saja tanda-tanda bahwa V-Belt Honda BeAT perlu diganti?
Tanda-Tanda V-Belt Harus Diganti:
1. Akselerasi Lemah / Motor Loyo
Honda BeAT terasa berat saat memutar gas, terutama saat menanjak atau membawa beban.
2. Getaran Saat Awal Jalan
Terasa getaran saat Honda BeAT mulai jalan, bisa jadi karena V-Belt tidak menempel sempurna akibat aus atau getas.
3. Bunyi Berdecit / Berisik dari CVT
Suara mendecit atau bunyi kasar dari area CVT bisa menjadi tanda V-Belt yang aus atau mulai rusak.
4. Tarikan Tidak Stabil
Saat akselerasi terasa tersendat-sendat atau tarikan tidak mulus pada Honda BeAT.
5. V-Belt Retak atau Tipis (Secara Visual)
Jika dibuka dan diperiksa, V-Belt yang sudah retak-retak, getas, atau tampak tipis harus segera diganti.
6. Sudah Melewati Umur Pakai (Km)
Umur ideal V-Belt Honda BeAT sekitar 20.000 – 25.000 km, tergantung pemakaian. Jika sudah melewati jarak tersebut, sebaiknya segera diganti meski belum menunjukkan gejala.
Risiko Putus Mendadak di Jalan
Jangan anggap sepele kondisi V-Belt. Kalau sudah retak atau aus dan terus dipakai, V-Belt bisa putus mendadak saat motor sedang melaju. Motor bisa langsung kehilangan tenaga dan berhenti seketika. Bayangkan jika ini terjadi saat kamu menyalip kendaraan lain atau berada di tanjakan—bahaya banget, kan?
Bisa Merusak Komponen CVT Lainnya
V-Belt yang dibiarkan rusak juga bisa menimbulkan masalah lanjutan. Roller, rumah CVT, hingga kampas kopling bisa ikut bermasalah. Alhasil, biaya perbaikannya pun jadi makin mahal.
Jadi, rutin mengecek dan mengganti V-Belt bukan cuma soal merawat motor, tapi juga bentuk kepedulian kamu terhadap keselamatan diri sendiri dan orang lain. #Cari_Aman itu dimulai dari kondisi motor yang prima!
Saat mengganti V-Belt, sebaiknya cek juga roller, kampas kopling, dan oli gear CVT. Pastikan untuk selalu menggunakan V-Belt original (OEM) agar lebih awet dan sesuai dengan spesifikasi Honda BeAT.
Lakukan perawatan rutin di bengkel AHASS agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor, termasuk V-Belt, tetap berfungsi optimal.Manfaatkan juga layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kenyamanan dan fleksibilitas saat melakukan servis.