Berkendara motor dapat menghilangkan stress

Berkendara Motor Dapat Menghilangkan Stress Di Masa Pandemi?

Posted on 27 May 2021 under Artikel, News.

Stres di masa pandemi virus corona memang tak bisa dihindari. Namun, bukan berarti kamu tak bisa melakukan apapun untuk mengatasinya. Kamu bisa mencoba beberapa cara mengatasi stres saat pandemi virus corona dengan cara berikut:

Tetap cari informasi, tapi jangan berlebihan

Cara mengatasi stres pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membatasi informasi yang kamu akses. Mendapat informasi terkini selama pandemi virus corona memang penting, tapi kamu tak perlu berlebihan dalam melakukannya dan harus mengakses informasi dari sumber terpercaya. Misalnya, dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Pusat Pengendalian Penyakit (CDC), atau sumber informasi terpercaya lainnya yang pemerintah sediakan. Selain itu, pastikan untuk menyebar berita virus corona yang sudah terbukti kebenarannya. Hindari menyebar rumor yang membuat panik.

Fokus pada hal yang bisa dikontrol

Cara mengatasi stres akibat virus corona lainnya adalah fokus pada hal-hal yang bisa kamu kontrol. Ada banyak hal yang tak bisa kamu kontrol, seperti berapa lama pandemi berlangsung, bagaimana sikap orang lain, dan apa yang akan terjadi di lingkungan sekitar. Dibanding berfokus pada hal-hal tersebut kamu harus fokus pada hal yang bisa atur. Misalnya, tidak keluar rumah untuk hal yang tak perlu, menggunakan masker dan menjaga jarak saat berkegiatan di luar rumah, dan rajin menjaga kebersihan diri serta lingkungan.

Tetap jalin komunikasi dengan orang lain

Cara mengatasi stres saat pandemi yang bisa kamu lakukan dengan tetap menjaga komunikasi. Atur jadwal video call bersama teman, sahabat, dan anggota keluarga yang lain. Kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur media sosial agar tetap bisa berkomunikasi dengan orang lain.

Jaga kesehatan

Cara mengatasi stres di tengah pandemi virus corona adalah menjaga kesehatan tubuh. Kamu perlu menerapkan gaya hidup sehat. Misalnya, pola makan teratur, rajin meditasi, dan mendapat waktu istirahat yang cukup.

Berkendara dengan Sepeda Motor

Selain itu ada kegiatan yang ternyata bisa menghilangkan stres, yaitu berkendara dengan sepeda motor alias riding.

Hal ini terungkap dalam penelitian dari Semel Institute for Neuroscience dan Human Behavior, di University of California, Los Angeles, Amerika Serikat. Penelitian tersebut membuktikan bahwa berkendara sangat baik untuk kesehatan mental kamu. Penelitian tersebut dilakukan oleh tiga peneliti UCLA. Mereka menggunakan peralatan mobile electroencephalogram (EEG) untuk merekam aktivitas otak dan kadar hormon lebih dari 50 pengendara sepeda motor sebelum, selama dan setelah mengendarai sepeda, saat mengendarai mobil dan beristirahat.. Alat ini semacam shower cap yang ditutupi dengan elektroda yang bisa mendeteksi aktivitas otak. Hasilnya mengungkapkan sejumlah manfaat mental dan fisik dari berkendara, termasuk penurunan kadar kortisol, penanda hormon stres. 

Mengendarai sepeda motor menghasilkan penurunan biomarker stres sebesar 28%, sementara mengendarai sepeda motor selama 20 menit meningkatkan denyut jantung sebesar 11% dan tingkat adrenalin sebesar 27%, yang mirip dengan olahraga ringan. Demikian pula, perubahan dalam aktivitas otak pengendara menunjukkan peningkatan kewaspadaan seperti minum secangkir kopi, sementara fokus sensorik ditingkatkan yang berarti bahwa pengendara lebih waspada.

Wah hasil survey ini menjadi kabar baik ya buat kamu pengendara sepeda motor. Kamu bisa lho menghilangkan kebosanan dan mengatasi stres dengan cara melakukan perjalanan dengan motor kamu dan melewati rute-rute yang menyenangkan. Tapi jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan, memakai perlengkapan berkendara yang benar dan selalu membawa kelengkapan surat saat berkendara ya!

Sumber :

https://www.zigwheels.co.id/motovaganza/studi-mengendarai-sepeda-motor-mengurangi-stress/

https://www.liputan6.com/otomotif/read/3878557/naik-sepeda-motor-bisa-mengurangi-stres-ini-buktinya https://kesehatan.kontan.co.id/news/4-cara-mengatasi-stres-di-tengah-pandemi-virus-corona-1

© 2021 Daya Auto - All Rights Reserved.