Hati-hati! Ini nih 4 Tips Berkendara Saat Hujan!

Wah berkendara motor saat hujan memang terkadang menyebalkan ya BroSis! Jalanan yang licin bikin kita-kita ini, pengendara motor, jadi was-was karena takut tergelincir. Tapi jangan khawatir karena di sini kita akan coba bahas kira-kira apa saja yang perlu kita persiapkan untuk berkendara saat hujan.

  1. Periksa kondisi kendaraan
    Ayo coba cek kondisi ban BroSis! Ban motor harus dalam kondisi baik atau tidak gundul dan juga memiliki tekanan angin standar agar tidak mudah selip.

    Selain itu, perhatikan rem kendaraan. Jangan menekan rem secara mendadak karena akan menyebabkan selip pada ban karena kondisi jalan yang sangat licin. Maka dari itu jagalah jarak dengan kendaraan lainnya.

    Jangan lupa untuk memastikan lampu menyala juga agar kamu bisa terlihat jelas oleh pengendara kendaraan yang lain.
  2. Pilih Jas Hujan yang Baik
    Nah untuk yang satu ini kita sarankan untuk menggunakan jas bermodel single atau setelan (atasan dan bawahan). Jas hujan model tersebut tentunya lebih aman dan nyaman karena tidak ada bagian yang berkibar. Selain itu hindari penggunaan sandal jepit sebagai alas kaki kalian karena kamu bisa tergelincir karena licinnya jalanan.
  3. Hati-hati Jalan Berlubang!
    Seringkali saat berkendara, jalan berlubang tidak terlihat karena tergenang air hujan. Tanpa sepengetahuan kita ternyata kita menerobos lubang! Waspadalah, waspadalah.

    Memang bahaya sekali berkendara saat hujan lebat di jalan yang tergenang air hujan. Maka dari itu apabila kondisi hujan sedang lebat dan mengganggu jarak pandang, disarankan untuk menepi dan menunggu kondisi hujan reda. 
  4. Jaga Kesehatan
    Nah ini salah satu tips terpenting dari berkendara saat hujan. Pastikan badan kamu sehat sebelum berkendara ya. Karena berkendara saat hujan itu butuh tingkat kewaspadaan yang tinggi. Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, kamu bisa menepi apabila hujan deras sedang terjadi sambil menghangatkan dan mengistirahatkan badanmu.

Jadi gimana nih setelah baca, jadi siap kan untuk berkendara saat hujan? Jaga kesehatan tubuhmu dan tentunya perhatikan kondisi motormu ya! 

© 2021 Daya Auto - All Rights Reserved.