Hindari Kampas Ganda Aus, Efeknya Bahaya
Membiarkan kampas ganda motor matic aus dapat menimbulkan efek negatif. Masih banyak pengguna yang membiarkan kampas ganda motor matic mereka dalam keadaan aus, terutama bagi motor yang usianya sudah di atas 3 tahun. Tidak jarang, pemilik motor datang ke bengkel dengan kondisi kampas ganda yang sudah habis total atau rata dengan rumahnya.
Padahal, jika ketebalannya sudah turun sekitar 1 mm saja, sudah bisa menimbulkan efek negatif, terutama bisa menyebabkan kampas ganda slip dan munculnya gejala “gredek” alias getaran mesin saat akselerasi. Hal ini sering dijumpai pada area CVT skuter matik. Meskipun motor masih bisa berjalan, banyak pemilik yang tetap membiarkan masalah ini.
Sayangnya, banyak orang yang menyepelekan masalah ini. Padahal, jika dibiarkan, bisa membuat mangkoknya juga aus. Mangkok kampas ganda yang ikut termakan akan membuat biaya penggantian part baru menjadi lebih mahal, karena kampasnya sendiri bisa dibeli terpisah. Selain itu, ada bahaya lain yang mengancam, yakni per kecil atau per sentrifugalnya menjadi rawan patah.
Jika motor sudah mogok dan ditambah per-nya patah, serta baru dibawa ke bengkel, biaya perawatannya bisa jadi double. Oleh karena itu, jangan pernah membiarkan kampas ganda motor menjadi aus sebelum diperbaiki. Sebaiknya, jadwalkan perawatan motor secara rutin di bengkel AHASS agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor, termasuk ban, tetap bekerja secara optimal.
Ada baiknya juga memanfaatkan layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk fleksibilitas waktu dalam melakukan service.