Ini 4 Cara Merawat Rantai Motormu

Rantai motor merupakan salah satu bagian penting pada motor yang berfungsi sebagai penggerak dan penyelaras putaran ban motor. Seiring waktu dan penggunaannya, kondisi rantai motor tentu saja akan menurun. Belum lagi jika motor sering dipakai sehari-hari, performa rantai motor akan menurun secara signifikan. 

Rantai yang tidak terawat biasanya akan cepat kering dan kendur, sehingga motor menimbulkan suara yang berisik dan tarikan motor terasa kurang. Skenario terburuknya, rantai yang tidak terawat bisa saja putus tiba-tiba saat digunakan yang sangat membahayakan keselamatan. 

Agar performa selalu optimal dan umur rantai motor lebih awet, maka pengendara motor wajib melakukan perawatan terhadap rantai motor yang dimiliki. Berikut adalah empat cara mudah untuk merawat rantai motor kesayangan yang bisa dilakukan dari rumah.

Rajin membersihkan rantai

Sebagai salah satu komponen motor yang mudah kotor, rantai harus dibersihkan paling tidak sebulan sekali. Kerap kali rantai terkena debu, pasir, air hujan dan partikel kotoran lainnya yang dapat menimbulkan karat dan masalah rantai lainnya jika dibiarkan. Gunakan air dan juga sabun untuk merontokan berbagai kotoran yang menempel pada rantai. Setelah dibersihkan, sebaiknya lumasi kembali rantai motor agar tetap awet.

Rutin cek kondisi rantai

Baik sebelum maupun sesudah berkendara, biasakan untuk mengecek kondisi rantai motor. Pastikan agar rantai tidak kendur dan perhatikan posisi rantai agar selalu disetel di tengah demi kenyamanan berkendara yang maksimal. Apabila BroSis tidak bisa menyetel rantai sendiri, sebaiknya BroSis bawa ke bengkel AHASS terdekat.

Gunakan gear original dan berkualitas

Seperti peribahasa “Ada harga, ada barang,” rantai motor KW yang lebih terjangkau juga belum tentu dapat memberikan kualitas yang sama dengan rantai motor original. Dengan standar yang resmi, rantai motor original bisa dipastikan memiliki performa yang lebih baik dan lebih tahan lama. Maka, tidak ada salahnya jika BroSis merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk mendapatkan rantai motor original demi roda dua kesayangan.

Gunakan pelumas khusus untuk rantai

Salah satu cara merawat yang mudah dan terbukti efektif serta efisien adalah menggunakan pelumas khusus atau yang biasa disebut sebagai chain lube. Hanya dengan menyemprotkan cairan pelumas, BroSis sudah bisa menjaga performa motor kesayangan. Pastikan untuk menggunakan cairan pelumas AHM Chain Lube yang bisa didapatkan di bengkel AHASS terdekat atau pesan melalui aplikasi Daya Auto.
Itulah beberapa cara mudah untuk merawat rantai motor agar tetap awet. Terapkan beberapa cara di atas untuk mencegah kerusakan dan memanjangkan usia rantai motor BroSis. Tidak lupa untuk mengunduh aplikasi Daya Auto agar dapat menikmati fiturnya dan pesan chain lube dari rumah. Semoga bermanfaat!

© 2022 Daya Auto - All Rights Reserved.