 
                Ini Lho Jenis-Jenis Kopling Pada Sepeda Motor
Buat kamu pecinta sepeda motor, pasti udah tau dong fungsi kopling di motor kamu? Kopling adalah komponen yang berfungsi menghubungkan atau memutus tenaga dari mesin ke transmisi sebelum diteruskan ke roda sepeda motor. Kopling diperlukan untuk meneruskan perputaran poros engkol ke transmisi dan melepaskan hubungan antara poros engkol dengan transmisi ketika memindahkan gigi.
Jenis Kopling yang Umum Digunakan
Apa saja sih jenis-jenis kopling di sepeda motor? jenis kopling yang paling sering digunakan pada sepeda motor ada 4, yaitu kopling manual, kopling sentrifugal, kopling CVT dan kopling ganda.
1. Sistem Kopling Manual
Sistem kopling manual adalah mekanisme untuk menghubungkan dan memutus tenaga mesin ke transmisi dengan menggunakan beberapa plat kopling yang dioperasikan secara manual melalui sebuah tuas/handle. Biasanya tuas kopling ini terletak di handle stang sebelah kiri.
Cara kerja kopling manual ini dengan memanfaatkan gesekan antara dua plat kopling. Pada saat kedua plat kopling tersebut terhubung maka putaran mesin bisa dilanjutkan ke transmisi. Namun saat tuas kopling ditarik, maka kedua plat ini akan renggang atau tidak saling berhubungan dan otomatis putaran mesin akan terputus.
Kopling manual ini banyak digunakan di motor sport karena memberikan kontrol penuh atas tenaga mesin, sehingga tenaga dan kecepatan motor menjadi besar.
2. Sistem Kopling Sentrifugal
Kopling ini biasanya disebut juga dengan kopling otomatis. Kopling ini bekerja dengan memanfaatkan gaya sentrifugal: kampas kopling akan menempel atau merenggang dari rumah kopling secara otomatis sesuai dengan putaran mesin (RPM).
Saat RPM naik (digas), kampas kopling menempel pada rumah kopling sehingga tenaga mesin diteruskan ke transmisi dan motor dapat berjalan. Sistem ini umumnya digunakan pada motor bebek lawas. Berbeda dengan kopling manual yang dikendalikan tuas, kopling sentrifugal bekerja sepenuhnya otomatis.
3. Kopling Sentrifugal CVT
Pada motor matic dengan sistem CVT (Continuously Variable Transmission), kopling yang digunakan adalah kopling sentrifugal khusus yang terletak di bagian belakang, berdekatan dengan pulley dan belt CVT. Prinsip kerjanya sama seperti kopling sentrifugal biasa, yaitu memanfaatkan gaya sentrifugal pada kampas kopling yang menempel atau merenggang dari rumah kopling sesuai putaran mesin (RPM).
Bedanya, pada motor matic, kopling sentrifugal ini berfungsi untuk menyambungkan dan memutus tenaga dari mesin ke roda belakang melalui sistem CVT. Saat RPM mesin rendah, kampas kopling tidak menempel sehingga motor tidak bergerak meski mesin hidup. Ketika tuas gas diputar dan RPM naik, kampas kopling menempel pada rumah kopling sehingga tenaga mesin diteruskan ke roda belakang, membuat motor melaju.
Sistem ini membuat motor matic seperti Honda Beat, Vario, PCX, dll terasa praktis digunakan karena pengendara tidak perlu mengoper gigi ataupun menarik tuas kopling.
4. Sistem Kopling Ganda
Kopling ganda artinya sistem ini memiliki dua unit kopling yang bekerja bersamaan. Kopling primer berupa kopling manual basah (multi-plate clutch) yang terhubung langsung dengan poros engkol, sedangkan kopling sekunder berupa kopling sentrifugal yang terletak di depan transmisi. Kombinasi ini membuat motor tetap mudah digunakan meskipun tanpa tuas kopling di setang.
Masing-masing unit memiliki fungsi masing-masing, kopling primer bertugas memutus dan menyambung tenaga mesin ketika pengendara melakukan perpindahan gigi. Sementara kopling sekunder (sentrifugal) akan bekerja otomatis memutus tenaga saat putaran mesin rendah, sehingga motor tidak langsung melompat ketika dimasukkan gigi.
Tipe kopling ini banyak digunakan pada motor bebek terkini dengan transmisi manual. Pengendara tidak perlu menarik tuas kopling secara terpisah. Sistem kopling ganda bekerja otomatis sehingga lebih praktis digunakan. Kamu cukup menghidupkan mesin, memasukkan gigi, lalu motor bisa berjalan dengan mulus saat tuas gas diputar.
Kesimpulan
Dengan mengenal berbagai jenis sistem kopling pada sepeda motor, kamu jadi lebih paham bagaimana motor bekerja dan kenapa perawatannya tidak boleh sembarangan. Supaya performa motor Honda kamu tetap terjaga, pastikan selalu melakukan servis di bengkel resmi AHASS yang menjamin keaslian suku cadang dan standar pengerjaan sesuai bawaan pabrik.
Lebih mudah lagi, kamu bisa pakai aplikasi Daya Auto untuk booking servis tanpa antre, mencari lokasi AHASS terdekat, hingga cek katalog motor Honda terbaru. Yuk, download aplikasinya sekarang dan nikmati semua fitur praktisnya








