Kerusakan Motor Bisa Dideteksi dari Warna Asap Lho!

Jika selama ini BroSis tidak acuh terhadap warna asap yang keluar dari motor, ini tandanya BroSis harus mulai memperhatikan. Siapa sangka, ternyata warna asap motor bisa mengindikasikan kerusakan pada motor, lho!

Asap knalpot kendaraan yang masih prima seharusnya tidak mengeluarkan warna. Jika asap knalpot yang keluar terlihat berwarna, bisa jadi motor kesayangan BroSis ada masalah. Belum lagi warna asap yang berbeda, permasalahannya juga berbeda. Jadi, warna asap apa saja yang harus diwaspadai? Simak penjelasan berikut, ya!

Asap Berwarna Putih

Pada umumnya, asap putih yang merupakan hasil dari penguapan air dapat muncul ketika motor dinyalakan. Namun apabila asap putih berlangsung lebih dari 30 detik, tandanya asap ini dihasilkan dari air pendingin yang masuk ke dalam silinder. Hal ini mengindikasikan adanya kerusakan pada silinder atau gasket motor, walaupun biasanya terjadi setelah motor mengalami tabrakan atau umur mesin motor yang sudah usang.

Asap Berwarna Kebiruan atau Abu-abu

Tergantung pada jenis motor, asap berwarna kebiruan atau abu-abu bisa menandakan hal yang berbeda. Pada motor 2-tak, asap ini masih dianggap normal selama tidak berlebihan. Akan tetapi asap ini bisa mengindikasikan masalah pada motor 4-tak, baik dalam jumlah sedikit maupun banyak, karena artinya motor sedang membakar oli.

Terbakarnya oli yang menghasilkan asap ini menandakan kebocoran pada seal valve sehingga oli dapat masuk ke ruang bakar. Selain itu, penyebab paling umum adalah katup PCV (Positive Crankcase Ventilation) yang tertutup atau macet, sehingga mengakibatkan naiknya tekanan dan menghasilkan asap.

Asap Berwarna Hitam

Asap berwarna hitam tandanya pembakaran bahan bakar motor tidak sempurna, sehingga sisa pembakaran keluar melalui knalpot. Hal ini dapat terjadi jika terdapat kebocoran dari reed valve yang retak atau rusak pada motor 2 tak, atau permasalahan pada katup masuk pada mesin motor 4 tak. Tergantung pada tingkat permasalahannya, motor yang mengeluarkan asap hitam bisa membutuhkan perbaikan sederhana atau kompleks. Penggunaan bahan bakar pun bisa menjadi boros jika hal ini dibiarkan terlalu lama.

Nah, kalau sudah mengerti masing-masing tandanya dan sewaktu-waktu kejadian, jangan lupa untuk segera membawa sepeda motor ke bengkel. Selalu perhatikan keadaan dan rajin merawat motor kesayangan, agar mesin tetap awet dan BroSis aman di jalan!

© 2021 Daya Auto - All Rights Reserved.