Yuk Pahami Fungsi dan Pentingnya Kaca Spion Pada Motor

Pemandangan pengendara motor yang mengabaikan kegunaan kaca spion dan bahkan tidak menggunakannya secara benar seringkali ditemukan di jalanan. Tidak jarang juga ditemukan motor tanpa kaca spion atau motor yang menggunakan kaca spion dekoratif yang tidak sesuai dengan standar keamanan. Padahal, kaca spion adalah salah satu elemen pendukung keamanan berkendara yang berfungsi cukup penting dan tidak boleh diabaikan begitu saja.

Singkatnya, kaca spion pada motor yang terdapat pada bagian kiri dan kanan motor berfungsi sebagai “mata tambahan” bagi pengendara agar dapat berkendara secara aman. Dengan adanya kaca spion, pengendara bisa melihat keadaan sekitar, khususnya titik buta penglihatan saat berkendara tanpa harus memalingkan kepalanya yang dapat mengurangi fokus pada kondisi jalanan di depannya. Terdapat juga beberapa fungsi lain dari kaca spion yakni:

– Menjadi pedoman posisi kendaraan dan lalu lintas di belakang kendaraan yang dapat mencegah terjadinya kecelakaan saat berpindah jalur, belok arah, dan berhenti, atau menjaga agar tetap siaga dari hal-hal mencurigakan seperti tindak kejahatan begal ataupun copet dari belakang kendaraan

– Memudahkan manuver saat parkir atau mundur, agar tidak menyenggol barang atau kendaraan lain di sekitar

– Menjadi cermin biasa, untuk membantu merapikan diri setelah berkendara.

Selain memahami fungsinya, perhatikan juga agar kaca spion diposisikan secara ideal. Usahakan agar lebar spion tidak melewati handle bar. Setelah lebar spion sudah dirasa pas, kemudian atur cermin spionnya. Posisikan agar sudut pandang bagian dalam cukup menampakkan siku tangan dan pastikan agar sudut pandang luar menampakkan bagian belakang kendaraan secara maksimal.

Semoga penjelasan singkat ini memudahkan BroSis untuk memahami fungsi dan pentingnya kaca spion pada motor. Jadi, gunakanlah kaca spion dengan benar demi keselamatan berkendara. Jangan lupa untuk menggunakan kaca spion yang sesuai dengan standar keamanan yang bisa dipesan langsung dari aplikasi Daya Auto.

Selamat berkendara!

© 2021 Daya Auto - All Rights Reserved.