Pakai Standar Tengah Lebih Baik Lho!

Umumnya sepeda motor memiliki dua jenis standar, yaitu standar samping dan standar tengah. Meskipun sama-sama terpasang untuk menopang motor agar tetap berdiri saat diparkirkan, kedua jenis standar tersebut tentunya memiliki fungsi dan manfaatnya tersendiri. Banyak yang bilang standar tengah cukup repot untuk digunakan dan harus melihat kondisi permukaan areanya, sedangkan standar samping dianggap sangat praktis untuk digunakan. Jadi, sebenarnya lebih baik menggunakan standar samping atau tengah saat motor sedang parkir?

Bisa dikatakan standar tengah memiliki banyak kelebihan dalam segi fungsi dan manfaat dibandingkan standar samping. Dengan menggunakan standar tengah, motor lebih stabil karena akan terparkir tegak lurus dan aman dari tindak kejahatan ketika diparkir karena untuk menurunkan kendaraannya memerlukan waktu dan berbunyi.

Standar tengah dapat membuat shockbreaker lebih awet dan memperpanjang usia pada ban yang digunakan. Sedangkan, ketika motor diparkirkan menggunakan standar samping, beban motor hanya ditahan oleh suspensi dan permukaan ban pada sisi standar. Jika dibiarkan terlalu lama, kondisi ketahanan suspensi dan permukaan ban akan berkurang.

Selain itu, standar tengah dapat memastikan pelumasan oli pada mesin motor lebih merata. Sedangkan, menggunakan standar samping terlalu lama akan membuat oli terkumpul pada satu sisi mesin dan pelumasan menjadi tidak sempurna.

Lalu apakah fungsi standar samping tidak sepenting standar tengah? Tentu tidak! Standar tengah memang disarankan untuk digunakan ketika motor parkir lebih dari 3 jam. Namun standar samping pastinya menjadi pilihan praktis untuk parkir dalam waktu singkat atau ketika motor diparkirkan di lahan permukaan yang lebih cocok untuk standar samping.

Ternyata kekurangan standar samping tidak berlaku pada motor berkapasitas 250cc atau lebih karena tidak ada pengaruhnya pada kestabilan motor. Standar samping motor berkapasitas besar nyatanya bisa juga didukung dengan menggunakan paddock jika perlu.

Semoga penjelasan di atas dapat membantu BroSis untuk lebih memahami alasan kenapa pakai standar tengah lebih baik dibandingkan standar samping ketika motor diparkirkan. Dengan kebiasaan yang baik, pastinya motor kesayangan akan tetap awet!

© 2021 Daya Auto - All Rights Reserved.