Perhatikan Saat Lampu MIL Berkedip!
Ada banyak cara untuk memperkirakan adanya kerusakan pada motor, mulai dari suara, performa, atau pun gejala fisik lainnya yang muncul ketika motor digunakan. Khusus untuk motor Honda berfitur PGM-FI, BroSis juga bisa memperkirakan kerusakan dengan cara lain, yakni melalui tanda dari lampu Malfunction Indicator Lamp (MIL).
Ya, lampu MIL merupakan fitur yang terletak pada panel meter motor dan berwarna oranye. Lampu MIL berfungsi untuk memberikan informasi kepada pengendara terkait masalah pada kinerja mesin PGM-FI dengan memberikan sinyal dalam bentuk kedipan lampu. Lampu MIL bekerja berdasarkan informasi dari ECM yang mendeteksi kerusakan pada mesin.
Dalam kondisi normal, lampu MIL akan menyala sekitar 2 detik ketika kunci kontak diputar ke posisi ON, kemudian akan mati kembali. Namun jika ECM mendeteksi hal yang tidak normal atau kerusakan pada sistem injeksi, maka lampu MIL akan terus menyala dan berkedip selama motor belum diperbaiki.
Cara Membaca Lampu MIL
Ada cara mudah untuk membaca lampu MIL untuk mengetahui kerusakan yang terjadi, yaitu dengan menghitung kedipan lampu MIL. Lampu MIL mempunyai 2 macam kedipan yaitu:
Kedipan panjang (berlangsung selama 1,3 detik) – Satu kedipan panjang adalah ekuivalen dengan sepuluh kedipan pendek.
Kedipan pendek (berlangsung selama 0.3 detik) – Satu kedipan pendek adalah ekuivalen dengan satu kedipan.
Contoh misal; Jika satu kedipan panjang diikuti dengan dua kedipan pendek, maka dibaca 12 kali kedipan (satu kedipan panjang = 10 kedipan, ditambah dua kedipan pendek).
Mengenal Kode Kedipan Lampu MIL
Berikut adalah beberapa kode MIL yang bisa dijadikan sebagai informasi kerusakan atau masalah pada sistem injeksi.
No. | Jumlah Kedipan | Keterangan |
1 | 1 kali | Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure) |
2 | 7 kali | Sensor EOT (Engine Oil Temperature) / ECT (Engine Coolant Temperature) |
3 | 8 kali | Sensor TP (Throttle Position) |
4 | 9 kali | Sensor IAT (Intake Air Temperature) |
5 | 11 kali | Sensor VS ( Vehicle Speed) |
6 | 12 kali | Injektor |
7 | 21 kali | Sensor Oksigen (O2) |
8 | 29 kali | Rangkaian IACV (Intake Air Control Valve) |
9 | 33 kali | ECM (Engine Control Module) |
10 | 52 kali | Sensor CKP (Crankshaft Position) |
11 | 54 kali | Sensor BAS (Bank Angle Sensor) |
12 | 67 kali | Front Wheel Speed Sensor (PCX 160) |
13 | 86 kali | Speedometer (PCX 160) |
14 | 91 kali | Coil Ignition primary circuit malfunction (PCX 150, ADV 150, PCX 160) |
Nah, kalau lampu MIL di motor BroSis sudah mulai genit dan menemukan salah satu kode dari tabel di atas, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dan perbaikan di bengkel AHASS terdekat. Lakukan juga pemeriksaan secara rutin walaupun lampu MIL tidak berkedip agar performa motor tetap terjaga. Utamakan selalu keselamatan diri, ya! Jangan lupa juga baca artikel lainnya di sini!