Tips Menabung untuk Membeli Motor Pertama

Sepeda motor merupakan kendaraan yang paling diminati masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, selain efektif, efisien, dan praktis digunakan sehari-hari, motor merupakan opsi yang lebih murah dibandingkan mobil. Motor juga dapat diandalkan oleh penduduk di kota besar dengan mobilitas tinggi untuk menembus kemacetan jalanan.

Memilih motor yang tepat menjadi hal penting bagi calon pembeli pertama, khususnya yang memiliki budget terbatas. Tapi jangan khawatir, keinginanmu untuk membeli motor yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masih bisa terwujud, kok! Berikut adalah tips menabung dan mengatur keuangan agar bisa membeli motor pribadi pertamamu.

1.   Memilih motor sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Kini tersedia berbagai jenis motor dengan kisaran harga yang bervariasi, mulai dari motor sport hingga motor matik yang memiliki kelebihan dan fungsi yang berbeda-beda. Sebagai langkah pertama, lakukan survey dan perbandingan terkait jenis dan harga motor di pasaran. Pastikan juga untuk mempelajari spesifikasi dari unit motor yang diinginkan agar sesuai dengan kebutuhan dan kesiapannya untuk menabung.

2.   Perkirakan waktu pembelian.

Setelah menentukan pilihan, perkirakan waktu pembelian berdasarkan hitungan seberapa besar uang yang dibutuhkan dan tenggat waktu sampai terkumpulnya jumlah yang dibutuhkan. Hal ini bisa menjadi tambahan semangat untuk memenuhi target tepat waktu. Persiapkan juga dana lebih sebesar 10% dari harga awal motor incaranmu untuk mengantisipasi masalah yang dapat timbul di tengah proses menabung.

3.   Mengatur pengeluaran.

Pastikan pengeluaran kamu memenuhi semua kebutuhan pokok, mulai dari makanan sehari-hari hingga tagihan wajib lainnya. Pertimbangkan untuk mengurangi gaya hidup yang dapat menghambat upayamu menabung, walaupun tidak ada salahnya untuk menyisihkan sebagian kecil dana untuk refreshing sesekali. Yang penting porsinya seimbang dan memenuhi kewajiban, jangan sampai harus nggak makan, ya!

4.   Mengalokasikan uang untuk ditabung.

Bagi kamu yang masih merintis karir, alokasikan penghasilan secara rutin untuk ditabung dengan persentase yang wajar. Jangan tergiur untuk menggunakan alokasi uang untuk hal di luar prioritas kamu, terutama ketika dapat bonus atau penghasilan tambahan.

5.   Mempertimbangkan pembelian secara kredit atau tidak.

Jika harus mengambil kredit, jangan terburu-buru untuk membuat keputusan. Pastikan untuk mempertimbangkan segala resiko dan keuntungan dari promo atau bunga yang akan disepakati. Pastikan juga pengeluaran pokok tidak terganggu dengan kredit motor yang kamu incar.

6.   Komitmen.

Teguhkan niatmu untuk menabung, dengan begitu segala upaya yang dilakukan bisa secara maksimal mempermudah kamu untuk mendapatkan motor pertama.

Cukup simple, bukan? Selamat menerapkan tips-tips di atas untuk rencana pembelian motor pertamanya, ya. Semoga berhasil memperoleh motor pilihanmu. Untuk memudahkan pembelian sepeda motor Honda, kamu bisa melakukan pemesanan menggunakan Aplikasi Daya Auto lho! Tinggal pilih dari katalog “Motor”, klik “Saya Tertarik” dan lengkapi data kamu. Kemudian Customer Service Daya Auto akan melakukan konfirmasi melalui telepon. Gampang kan ya..

© 2021 Daya Auto - All Rights Reserved.