Tips Motor Anti Maling

Pencurian sepeda motor adalah tindakan kejahatan yang paling sering dijumpai. Motor merupakan sasaran paling mudah dan beresiko rendah bagi pencuri. Selain mudah dan praktis untuk dicuri, motor hasil curian juga memiliki peminat yang cukup banyak di pasaran. Ditambah lagi kini pencuri semakin cerdik mempelajari segala celah kesempatan untuk melakukan aksinya. Nah, untuk menghindari skenario buruk tersebut, berikut adalah tips agar motormu tidak menjadi sasaran empuk para pencuri.

1.       Kunci stang, dan manfaatkan fitur Secure Key Shutter.

Mudah namun sering terlupakan, kamu harus selalu mengunci stang motor dan memanfaatkan Secure Key Shutter di motormu. Tips ini merupakan tindakan paling pertama dan utama agar pencuri sulit untuk menjebol motor kesayanganmu. Selain memiliki lapisan penutup lubang kunci yang tahan terhadap benturan benda asing, fitur ini juga memiliki cara pembuka yang unik di berbagai jenis motor untuk menyempurnakan keamanan motor.

2.       Memasang kedua standar motor.

Salah satu sasaran empuk bagi pencuri adalah motor yang paling mudah untuk dicuri. Dengan memasang kedua standar, pencuri pun akan berpikir dua kali ketika mempertimbangkan kepraktisan  mencuri motormu.

3.       Menggunakan pengaman tambahan.

Usahakan untuk menggunakan pengaman tambahan yang dapat berupa kunci atau gembok agar aksi pencurian menjadi semakin sulit dan rumit. Kini terdapat berbagai model kunci tambahan di pasaran yang dapat dipasang di tuas rem, di rem cakram, atau di kunci kontak dengan harga yang bervariasi.

Selain tips di atas, kamu juga bisa melakukan tindakan preventif untuk membuat hati lebih tenang sebagai berikut. 

  1. Parkir di tempat yang aman.

Setidaknya dengan memarkirkan kendaraan di tempat yang aman (seperti tempat parkir resmi), keamanan motor kamu bisa lebih terjamin. Pasalnya, motor kamu akan mendapatkan pengawasan lebih, baik dari CCTV ataupun petugas keamanan yang ada. 

2.   Pasang alarm.

Meski akan merogoh dompet, memasang alarm pengaman pada motor merupakan tindakan yang cukup efektif. Selain tidak terlihat, alarm secara cepat memberi peringatan bagi pemilik ketika motor dalam ancaman tangan pencuri. Fitur premium ini dapat ditemukan di kebanyakan motor matik. Namun untuk motor yang tidak memiliki fitur ini, pastikan kamu menambahkan alarm yang tidak menggugurkan garansi kelistrikan motor dikarenakan alarm pengaman ditempatkan di bagian dalam motor.

3.   Asuransikan motor.

Mengasuransikan motor bukan berarti mencegah tindakan pencurian, tetapi bisa ditujukan untuk menanggulangi kerugian apabila kamu kehilangan motor. Pastikan kamu memilih asuransi dengan proses klaim yang mudah dan sesuai dengan anggaran yang kamu punya.

Sekian tips yang bisa diterapkan untuk melindungi kendaraan kesayanganmu dari tindak kejahatan pencurian motor. Semoga tips di atas bisa membuat kamu merasa lebih aman dan yakin ketika motormu sedang tidak digunakan. Tetap waspada agar tidak memberikan celah kesempatan bagi pelaku kriminal untuk melakukan pencurian motor, ya!

© 2021 Daya Auto - All Rights Reserved.